Wednesday, October 14, 2009

APA PENGARUH MENONTON TV PADA KESUKSESAN KITA? TIDAK ADA!

Anda suka menonton TV? Siapapun pasti suka, terutama anak-anak. Tetapi coba perhatikan baik-baik tayangan di televisi, berapa jam dalam satu hari tayangan yang mengandung informasi tak bermanfaat (termasuk berita lokal, apalagi gosip)? Saya bertaruh bahwa hampir seratus persen tayangan di televisi, terlebih berita lokal, berformat problem atau masalah. Menonton berita lokal di TV menghabiskan banyak sekali waktu Anda.
Ada filosofi menarik dalam penyajian informasi berita lokal, yang saya ambil dari bahasa Inggris, if it bleeds, it leads.
Terjemahan bebasnya adalah apabila suatu tayangan mengandung berita berdarah-darah maka ia menarik. Ini bisa dimaklumi, karena kabar atau berita baik tidak menjual; oleh karenanya, jarang ditayangkan. Apa pengaruhnya bagi kesuksesan Anda? Nol besar!
Sebaliknya, yang Anda peroleh adalah informasi negatif tentang dua hingga tiga persen orang yang mempengaruhi mereka yang menontonnya begitu saja.
Saya TIDAK melarang Anda menonton (atau membaca) berita. Informasi yang dapat mempengaruhi bidang kerja atau pelanggan Anda, harus ditonton dan dibaca secara serius. Yang tak kalah pentingnya, kitalah yang memutuskan apa yang harus kita tonton, bukan sebaliknya. Saya sendiri baru membeli TV pada tahun 2006.
Apa hubungannya menonton berita lokal dengan pelayanan? Tidak ada. Pelayanan berbasis solusi, sementara berita lokal berbasis masalah.
Jika Anda menonton tayangan-tayangan yang penuh masalah selama satu jam sehari, setiap hari selama bertahun-tahun, maka Anda menjadi berorientasi masalah. Kemudian, Anda membawa berita tersebut ke tempat kerja dan mulai mempengaruhi orang lain dengan cerita Anda secara bersemangat. Hei, kamu dengar kan berita tentang anu…? Hati-hati, penyakit berita lokal menular.
Apakah berita lokal menambah atau mengurangi kemampuan kerja Anda? Apa pula pengaruhnya bagi keterampilan menjual Anda? Kecakapan bisnis Anda?
Berita menjadi populer karena kebanyakan orang yang menontonnya kekurangan arah atau fokus, atau tidak bahagia dan karenanya mencari sesuatu atau orang lain yang lebih tidak bahagia darinya.
Ingin tahu cuaca hari ini? Anda tinggal mendongakkan kepala Anda di pagi hari. Cara ini jauh lebih akurat daripada ramalan cuaca.
Anda beranggapan bahwa berita lokal sangat penting bagi waktu Anda? Berapa kali Anda bercermin dan berkata, “Saya orang sukses hari ini, karena saya menonton berita.”
Coba kita adakan hitung-hitungan sederhana. Katakanlah Anda menonton berita setengah jam sehari selama setahun terakhir. Itu berarti 7,5 hari (dalam hitungan 24 jam) yang Anda habiskan untuk menonton masalah dalam setahun. Dalam lima tahun, jumlahnya menjadi 38 hari penuh. Jika Anda bekerja 40 jam seminggu, itu setara dengan 23 minggu setiap tahun – dan itu jika Anda hanya menonton berita pukul 06.00 pagi. Jika Anda juga menonton berita pada siang hari, tinggal kalikan saja! Itu setara dengan 46 minggu kerja (per minggu 40 jam).
Bayangkan kemungkinan-kemungkinan lain jika Anda mengubah energi itu secara positif. Bayangkan apa yang dapat Anda lakukan dengan waktu itu, dan apa yang dapat Anda capai sepanjang waktu itu, jika Anda menggunakannya secara produktif. Mana yang lebih baik bagi Anda: menonton masalah-masalah orang lain atau menginvestasikan diri Anda dan membuat rencana-rencana dan solusi-solusi?
Berikut adalah empat penggunaan waktu berbasis solusi yang dapat Anda lakukan:
Bacalah jurnal bisnis, buku-buku inspiratif, buku-buku sikap positif, apapun yang mengandung humor, buku penjualan, buku pencipta trend, laporan tahunan, dan brosur pelanggan-pelanggan terbesar Anda. Pelajarilah semuanya.
Dengarkanlah beragam CD atau film-film inspiratif.
Jalinlah hubungan sebanyak mungkin, undanglah teman-teman (terutama yang pintar) dan rekan-rekan ke rumah Anda seminggu sekali untuk menciptakan ide-ide baru dan rencana tindakan.
Kuasailah Komputer, terutama yang berkaitan dengan tulis-menulis, merencanakan, belajar, dan berinternet. Komputer adalah jembatan terbesar ke abad dua puluh satu.
Setiap kali Anda berkata, "Saya tidak memiliki banyak waktu," gantilah dengan kalimat, "Saya tidak memilih untuk menghabiskan waktu saya pada hal-hal baik." Ini mendekati kebenaran. Yang sebenar-benarnya adalah bahwa Anda tidak menginvestasikan waktu Anda pada orang yang paling penting di dunia – yaitu Anda!
Cobalah Anda meluangkan waktu satu jam saja sehari dan mengubahnya menjadi tindakan yang positif atau belajar – bagi diri Anda sendiri, pekerjaan Anda, bisnis Anda, dan keluarga Anda. Di akhir tahun, Anda akan memperoleh 15 hari (hitungan 24 jam) untuk membangun masa depan Anda.


No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar / kritik / saran Anda di bawah ini...