Sunday, October 25, 2009

LAKUKAN LEBIH BANYAK

Jika Anda hanya punya satu anak panah untuk dilempar ke sasaran (dartboard), berapa kesempatan Anda untuk mencapai sasaran utama? Sangat kecil, bukan? Jika Anda memiliki 100 anak panah untuk dilemparkan ke dartboard tersebut, maka dapat dipastikan paling tidak lebih dari satu anak panah yang mengenai sasaran, meski Anda seorang yang bodoh sekalipun.
Sukses pun sesederhana itu. Lakukan lebih banyak maka Anda akan sukses! Itu sebabnya ciri-ciri orang sukses adalah mengalami kegagalan lebih banyak dibandingkan dengan orang biasa. Masuk akal, karena orang sukses juga mencoba dan melakukan jauh lebih banyak dari orang biasa. Jika Anda melakukan semakin banyak, maka semakin besar pula peluang Anda untuk meraih sukses.
Kegagalan bukan dianggap sebagai akhir dari segalanya, bahkan dianggap sebagai sukses yang tertunda. Yang terpenting, mereka selalu belajar dari kegagalan sehingga tidak mengulanginya lagi di kemudian hari.
Sebagai contoh, orang asuransi sangat akrab dengan istilah 10:3:1 yang artinya jika seorang agen tersebut bertemu dengan 10 orang, maka 3 orang akan tertarik mendengar presentasinya dan 1 orang bakal membeli asuransi. Apa yang harus dilakukan supaya bisa mendapatkan 5 nasabah? Tawarkan saja kepada 50 orang, maka menurut hukum rata-rata kita pasti mendapat 5 nasabah.
Masalahnya, banyak orang tidak mau melakukan lebih banyak. Tidak mau mencoba lebih sering. Atau, jika Anda seorang sales, Anda tidak mau menawarkan ke lebih banyak orang. Coba Anda amati orang-orang sukses bekerja, maka Anda akan tahu bahwa mereka selalu lebih rajin dari orang biasa.
Jadi, lemparkan anak panah lebih banyak maka semakin besar juga peluang Anda mengenai sasaran. Semakin sering Anda mencoba, semakin besar juga kemungkinan Anda untuk berhasil.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar / kritik / saran Anda di bawah ini...