Thursday, October 8, 2009

TETAP FOKUS PADA TUJUAN

Salah satu kunci sukses dalam hal apapun adalah fokus pada tujuan. Fokus adalah sesuatu yang dapat dipelajari oleh setiap orang. Betapa banyak mereka yang gagal dalam berbisnis hanya karena tidak fokusnya mereka pada tujuan atau cita-cita. Adalah penting menentukan tujuan yang tinggi namun tetap terukur. Yang lebih penting lagi, tujuan atau cita-cita yang ingin Anda capai haruslah dinyatakan secara jelas. Ketidakjelasan tujuan akan menjadikan kita tidak fokus mencapainya. Sebagai contoh, alih-alih bercita-cita ingin menjadi pengusaha sukses, Anda dapat bercita-cita memiliki uang Rp 3 milyar pada usia 45 tahun. Dengan cara ini maka Anda dapat memilih jalan mana yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Tak dapat dipungkiri bahwa menjadi sukses sangat sulit. Jalan menuju sukses adalah jalan yang berliku dan penuh duri. Namun, daripada berkutat dengan hal negatif, pikirkan apa yang Anda inginkan. Pikirkan semua hal baik yang ingin Anda lakukan dalam kehidupan. Tetap berfokus pada cita-cita Anda dan jangan pernah menyerah. Anda tak boleh beristirahat, sebaik apapun keadaannya untuk Anda. 'Keadaan baik' yang sekarang Anda rasakan adalah buah dari kerja keras dan dedikasi Anda.

Bila anda ingin terus sukses, Anda harus terus melakukan hal-hal yang mengantarkan Anda pada kesuksesan Anda ini. Bila Anda membiarkan perhatian Anda teralih oleh buah kesuksesan Anda, maka Anda akan menuai benih kejatuhan. Jadi, jangan pernah berhenti berfokus pada cita-cita Anda, sesukses apapun Anda.

Benar bahwa orang-orang tertentu lahir dengan bakat sukses. Mereka memiliki bakat istiemwa yang membuat mereka mudah mencapai kesuksesan – si pemusik berbakat, si atlet alami, atau si pebisnis berbakat. Akan tetapi sebagian besar orang sukses tidak memperoleh kesuksesan mereka dengan mudah. Mereka bekerja keras untuk mendapatkannya. Mereka menetapkan cita-cita, dan tetap berfokus pada cita-cita mereka sampai tercapai.

Kecemasan, ketakutan dan ketidaktegasan merusak fokus. Untuk mengambil alih kehidupan Anda, Anda harus mengatasi rasa takut. Enyahkan semua pikiran negatif begitu pikiran itu muncul. Hentikan dialog internal yang penuh keraguan sebelum dialog tersebut terjadi.

Adalah fakta bahwa Anda mungkin dapat mencapai kesuksesan dengan mudah karena memiliki bakat atau kemampuan istimewa yang ada sejak lahir. Akan tetapi, seringkali Anda harus bekerja keras dan tetap berfokus untuk mencapai puncak – dan kemudian bekerja lebih keras lagi untuk bertahan di puncak. Mulailah dengan bakat alami yang Anda miliki sejak lahir. Lalu, gunakan tekad Anda untuk melalui masa menyenangkan maupun masa sulit untuk mencapai cita-cita Anda dan meraih hal-hal menakjubkan dalam kehidupan Anda.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar / kritik / saran Anda di bawah ini...