Thursday, October 8, 2009

MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS

Kelemahan para pengusaha yang menjadi perintis dalam suatu usaha biasanya adalah lengah. Karena sudah maju, mereka yakin dengan banyaknya memiliki pelanggan, sehingga tidak memelihara pelanggan yang sudah ada. Akibatnya, para pelanggan tersebut lari ke tempat lain, begitu memiliki alternatif atau pilihan.
Agar usaha yang Anda rintis tidak menjadi mundur ketika muncul pesaing baru, berikut adalah beberapa tips dari saya (saya gunakan bisnis fotokopi yang saya jalankan sebagai contoh):

Pertama, Anda perlu memperhatikan pelayanan yang Anda berikan kepada konsumen. Misalnya, setiap pelanggan disambut dengan senyuman dan diajak bicara dengan ramah. Para pelanggan dipuaskan dengan memenuhi semua kebutuhan mereka yang berkaitan dengan fotokopi.

Kedua, setiap pekerjaan fotokopi dikerjakan dengan cepat dan tepat waktu. Konsumen selalu menginginkan dilayani secara cepat. Kalaupun perlu penyelesaian selama beberapa jam, harus jelas waktunya. Ketika mereka datang kembali ke tempat fotokopi tersebut, mereka langsung bisa mengambilnya, tidak perlu menunggu lama.

Ketiga, kualitas hasil fotokopi. Jangan sampai kualitas pesaing lebih baik dibandingkan dengan mutu yang dihasilkan mesin fotokopi milik Anda. Sehingga pelanggan beralih ke kompetitor.

Keempat, harga yang Anda tawarkan jangan lebih mahal dibandingkan kompetitor. Bagi kalangan kampus terutama para mahasiswa, harga ini sangat berpengaruh dan sensitif. Meskipun selisihnya hanya beberapa rupiah, namun hal itu bisa membuat mereka beralih ke pengusaha mesin fotokopi yang memberikan harga lebih murah.

Di samping itu Anda harus memperkuat jaringan dengan berbagai pihak. Untuk bisnis yang ada di dalam kampus, Anda dapat mendekati pihak kampus dan menawarkan kerjasama dengan memberikan potongan harga yang menarik. Dengan begitu, setiap ada yang perlu difotokopi, pihak kampus akan memberikan kepada Anda.

Selain itu, bisnis Anda harus memiliki keunikan tersendiri dibandingkan usaha lainnya. Contohnya kalau ada yang memfotokopi dalam jumlah tertentu, mendapat bonus seperti gratis minuman air mineral, pensil, pulpen, buku dan lain-lain. Agar tidak rugi, lebih dulu hitung total biayanya dan keuntungan yang akan diperoleh. Sisihkanlah beberapa persen dari keuntungan tersebut untuk membeli hadiah-hadiah tersebut. Anggap saja ini sebagai biaya promosi.

Anda juga harus memperhatikan dari sisi pelayanan. Ini sangat penting dalam suatu bisnis, di samping harga yang ditetapkan ke konsumen. Bentuk pelayanan tersebut beragam seperti menyediakan tempat duduk yang cukup untuk orang-orang yang akan memfotokopi sehingga saat menunggu mereka bisa sambil duduk agar tidak kecapekan.
Sedangkan penerapan harganya, ada baiknya Anda mencari informasi yang ditetapkan oleh para pesaing. Jika informasi sudah dapat, Anda perlu membandingkan harga fotokopi di tempat Anda dengan tempat yang lain. Sebaiknya harga yang ditetapkan minimal sama dengan usaha sejenis di dekat tempat bisnis Anda. Jika bisa lebih rendah, tentunya lebih bagus. Ini akan menjadi salah satu daya tarik usaha Anda.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar / kritik / saran Anda di bawah ini...