Sunday, December 6, 2009

MENGABAIKAN SKEPTISME ORANG LAIN

Ketika seseorang mendapatkan pekerjaan baru atau memulai usaha baru, tak jarang orang lain berkomentar negatif atau bersikap skeptis terhadapnya. Skeptisme ini, terutama yang berasal dari orang-orang terdekat seperti suami, istri, ibu, anggota keluarga, atau teman baik, kadang-kadang begitu besarnya sehingga menghambat langkah maju seseorang.
Alasan Anda menerima pekerjaan baru atau memulai bisnis baru tersebut diantaranya:
Satu, Anda benar-benar menyukainya dan berharap senang menjalankannya. Kedua, peluang itu sangat besar dan Anda berharap dapat memperoleh uang atau pengalaman yang Anda butuhkan. Ketiga, Anda berpikir bahwa pekerjaan atau bisnis tersebut akan mendekatkan Anda untuk menggapai mimpi Anda.
Orang-orang yang skeptis atau meragukan kemampuan Anda adalah orang yang pekerjaannya menjadikan Anda merasa bodoh, tidak cocok, atau tidak mampu dalam membuat keputusan. Mereka menyarankan pekerjaan yang lebih baik menurut mereka, memberikan contoh orang-orang yang gagal, mengolok-olok keputusan Anda, dan menertawakan hasil yang diharapkan. Orang-orang seperti ini adalah orang yang harus dihindari tanpa kompromi.
Mengapa mereka tidak memberikan dorongan pada Anda? Atau mendukung Anda? Atau bertanya apakah mereka dapat membantu Anda sukses? Atau sekedar berkata, “Saatnya melangkah!”
Ada beberapa hal yang menyebabkan sikap skeptis mereka, diantaranya:
- Citra diri mereka terbatas
- Harga diri mereka rendah
- Cemburu
- Iri hati
Mereka tidak mampu memberikan dorongan karena mereka lebih suka melihat Anda sebagai seorang pecundang (layaknya mereka).
Jadi, hal pertama yang perlu Anda pikirkan ketika seseorang bersikap skeptis pada Anda adalah bersikap tenang dan berpikir positif. Selain itu, jadilah teladan dan jadikan skeptisme mereka sebagai cambuk untuk lebih baik dari mereka dalam segala hal. Anda juga perlu berteman dengan orang-orang sukses, mereka yang memberi inspirasi, mereka yang memberikan dorongan. Terakhir, jangan membicarakan apa yang akan Anda kerjakan. Kerjakan saja.
Dari semua itu, dapat disimpulkan bahwa satu-satunya penangkal terhadap orang yang skeptis adalah pembuktian kesuksesan Anda. Jadi, abaikan saja mereka. Keluarkan kemampuan terbaik Anda untuk Anda sendiri, bukan untuk mereka. Mereka tidak penting.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar / kritik / saran Anda di bawah ini...