Saturday, November 14, 2009

THE POWER OF KEPEPET

Anda pernah berada pada posisi kepepet atau terdesak? Apa yang Anda lakukan? Saya sendiri pernah dan beberapa kali berada pada posisi kepepet. Dari pengalaman kepepet yang saya alami, saya dapat menarik kesimpulan bahwa posisi kepepet atau terjepit atau terdesak memiliki daya penggerak positif yang luar biasa.
Kepepet hanya memberi dua pilihan pada kita: menang atau kalah. Menurut ilmu psikologi, justru posisi kepepet ini mempunyai kekuatan yang besar yang membuat kita melakukan hal-hal yang luar biasa yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Kita berjuang mati-matian dalam posisi kepepet, karena tak ada pilihan lain. Kepepet memberikan semangat, energi dan kekuatan untuk maju dan mengalahkan rintangan.
Ada kisah menarik yang pernah saya baca tentang betapa hebatnya kekuatan dari keterdesakan ini. Suatu ketika sekelompok pasukan yang berada di atas satu kapal terkepung oleh kapal-kapal pasukan musuh. Karena melihat kekuatan yang tidak berimbang, beberapa anggota pasukan meminta pemimpin mereka untuk menyerah. Ada pula yang meminta pemimpin untuk melarikan diri. Apa yang dilakukan oleh sang pemimpin? Dia meminta semua pasukannya keluar dari kapal dan membakar kapalnya. Sehingga tidak ada pilihan lain bagi pasukan tersebut kecuali menang atau mati. Tindakan pemimpin ini memicu semangat yang luar biasa pada semua anggota serdadu, sehingga mereka berjuang mati-matian penuh semangat untuk mengalahkan musuhnya.
Dari kejadian ini, kita dapat memetik dua pelajaran penting sekaligus. Pertama, kepepet memicu semangat luar biasa untuk mengalahkan rintangan. Kedua, kepepet menjadikan kita berfokus pada satu hal. Dan fokus ini akan menjadikan seseorang berpikir lebih jernih dan berusaha maksimal untuk menggapai sukses.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar / kritik / saran Anda di bawah ini...