Sunday, September 13, 2009

10 RAHASIA MANAJEMEN UANG PARA MILYUNER

Tak dapat dipungkiri bahwa para milyuner sama dengan kita – tetapi mereka memiliki lebih banyak uang. Ketika ditanya rahasia sukses mereka, mereka tidak mengatakan sesuatu yang magic atau aneh, tetapi menerapkan strategi-strategi investasi yang bijak, bekerja keras, dan, percaya atau tidak, hidup hemat. Berikut adalah 10 rahasia manajemen uang para milyuner:

Mulailah sejak dini untuk menghindari masalah keuangan. Orang seringkali menjadi bermasalah dengan cara menumpuk utang sejak dini, yang menjadi penghisap besar atas penghasilan mereka. Kita perlu belajar hidup dengan apa yang kita miliki dan bagaimana menunda kesenangan; ini adalah kebiasaan yang perlu dijaga terus-menerus, sehingga kita dapat menjaga apa yang kita peroleh ketika kita telah mencapainya.

Percayalah bahwa Anda bisa. Sebelum investasi dalam real estate dan menjadi seorang milyuner, Alan Corey, penulis A Million Bucks by 30, membaca biografi dan autobiografi para milyuner sebanyak mungkin. Dia mencari satu karakteristik umum yang dapat membantunya untuk memiliki karakteristik tersebut. Dia mendapati bahwa mereka semua memiliki kepercayaan diri yang luar biasa bahwa mereka akan sukses secara finansial. Corey mengatakan bahwa memiliki tingkat kepercayaan diri seperti itu membantunya untuk berada di puncak.

Perjelas visi sukses Anda. “Saya ingin kaya” adalah ungkapan yang tidak jelas. Sebaiknya kita membayangkan kehidupan ideal yang seperti apa yang ingin kita gagapi. Sebagai contoh, “Saya ingin memiliki investasi uang senilai 2 milyar sehingga dapat hidup dari bunga yang saya peroleh. Kemudian saya akan keluar dari pekerjaan sehingga saya dapat bersuka ria, berjalan-jalan, belajar bermain tenis dan menikmati piknik di pantai dengan keluarga saya.” Anda dapat juga memiliki visi untuk mencapai kebebasan finansial sebelum menikah dan punya anak. Anda dapat menggunting foto-foto dari majalah tentang tempat-tempat indah yang ingin Anda kunjungi dan orang-orang yang melakukan hal-hal yang menyenangkan dan meletakkannya di dekat meja untuk membantu tetap fokus pada visi.

Asuransikan resiko-resiko yang menyangkut nyawa. Kebangkrutan seringkali disebabkan oleh perceraian, kematian anggota keluarga, atau cacat yang menyebabkan seseorang tidak bisa lagi bekerja. Sebaliknya, perlindungan terhadap resiko-resiko melalui asuransi dapat melindungi kekayaan. Banyak orang salah dalam memperoleh asuransi yang tepat atau membayar terlalu besar karena tidak memahaminya.

Bekerja keraslah – dan Anda akan mendapatkan keberuntungan. Banyak kesuksesan yang bermula dari kerja keras, yang bagi orang kebanyakan dianggap sebagai keberuntungan. Namun perlu diketahui bahwa keberuntungan hanya berasal dari kerja keras. Semakin kita bekerja keras, semakin banyak keberuntungan yang hinggap pada kita. Konsep yang sama juga diakui oleh Benjamin Franklin pada abad ke-18 yang mengatakan bahwa: “Semakin keras saya bekerja, semakin beruntung saya.”

Belanjakan uang dengan pintar. Kita perlu melihat seberapa besar pengeluaran kita setiap bulan. Menjaga skor kredit yang baik dapat menghemat uang dalam jumlah besar sepanjang hidup Anda.

Kerjakan yang Anda Cintai. Karir di sektor keuangan mungkin memberi Anda gaji tahunan yang besar, tetapi Anda mungkin tidak akan sukses dengan sesuatu yang tidak Anda nikmati. Bekerjalah pada bidang yang membuat Anda rajin bangun pagi, lupa makan siang, dan yang Anda baca ketika Anda memiliki waktu senggang. Jika Anda suka majalah otomotif, bekerjalah di bidang itu. Jika Anda suka gosip, carilah pekerjaan di bidang yang berbasis seletribit. Bahkan di bidang yang terlihat tidak menguntungkan, ada cara untuk mencapai puncak – sesuatu yang memiliki kecenderungan lebih besar untuk terjadi jika Anda mencintainya.

Tentukan berapa banyak uang yang benar-benar Anda inginkan. Bagi banyak orang, uang Rp 2 milyar tidaklah cukup. Bagi mereka yang lahir pada era 1960-1970-an, pensiun dengan uang beberapa ratus juta tidak akan membawa mereka kemana-mana bahkan untuk menjalankan gaya hidup rata-rata, karena pengaruh inflasi sehingga mereka harus berlari untuk mempersiapkan pensiun mereka. Perhatikan gaya hidup ideal Anda dan apa yang dapat Anda bayar. Apakah itu biaya anak hingga kuliah? Liburan eksotis? Memiliki tujuan yang jelas akan mempermudah kita mencapainya.

Berinvestasilah sedikit melawan arus. Kita dapat membuat keputusan investasi berdasarkan apa yang tidak dilakukan oleh orang kebanyakan. Saat ini misalnya, saham-saham relatif murah karena begitu banyak orang yang menjual sahamnya, yang berarti siapapun yang membeli dapat memperoleh harga lebih murah dibandingkan nilainya satu tahun yang lalu. Ini bukan hanya berlaku pada saham. Anda juga dapat membeli rumah sitaan, menyewakannya, dan mendapatkan penghasilan pasif.

Hiduplah di bawah standar Anda. Perlu diketahui bahwa Eminem, seorang selebritis dan milyuner, mengerem pengeluaran uangnya demi penghematan. Koran Independen melaporkan bahwa ketika Eminem membeli sebuah arloji senilai $15,000 yang dia sukai, dia menyesal dan dia seharusnya menyimpan uangnya. Eminem berkata, “Saya tidak ingin menghamburkan uang; saya ingin anak perempuan saya kuliah.” Walaupun Anda seorang milyuner, tak ada seorangpun yang mau mengetahuinya – dan inilah poin pentingnya. Kita perlu menabung setidak-tidaknya 10 hingga 25 persen dari penghasilan kita. Kita juga perlu menghindari pembelian barang-barang “status”, seperti jet pribadi atau rumah mewah.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar / kritik / saran Anda di bawah ini...