Thursday, September 17, 2009

MEMULAI BISNIS BARU

Memiliki dan menjalankan bisnis sendiri adalah impian banyak orang. Namun ketika mereka serius berpikir tentang keinginan tersebut, mereka mengurungkan niatnya. Mereka sering bingung dan khawatir, akan mejalankan usaha apa atau akan memulai bisnis dari mana. Kondisi inilah yang menghambat kebanyakan orang sehingga bisnis tidak terealisasi. Ini masih ditambah dengan ketakutan mereka ketika melihat pebisnis lain yang pernah gagal. Saya punya ungkapan yang bagus untuk hal ini: “Worry is like a rocking chair. It gives you something to do but doesn't get you anywhere”.
Kekhawatiran itu seperti kursi goyang. Kita akan goyang-goyang sambil melakukan atau menikmati sesuatu, tetapi kita tidak akan kemana-mana. Ketakutan dan kekhawatiran adalah sumber utama penghambat seseorang untuk memulai suatu bisnis. Kekhawatiran ini sering membunuh kita, kreativitas kita, tindakan-tindakan kita dan membuat kita menjadi seorang yang apatis. Ini yang berbahaya dalam bisnis dan harus disingkirkan.
Untuk mengatasi hal ini kita harus mengubah cara berpikir kita, yaitu tidak bergantung pada orang lain. Kita harus berpikir bagaimana mengusahakan sesuatu yang bisa membantu orang lain. Untuk mendukung hal ini, mereka yang ingin berbisnis perlu mengembangkan pengetahuan di bidang yang ingin dituju dengan cara membaca, belajar dari pengalaman orang lain, dan sebagainya.
Selain pemahaman terhadap usaha yang akan dijalani, kiat sukses lain dalam memulai sebuah usaha berikut adalah memiliki sikap mental positif. Satu tantangan yang dimiliki untuk menjadi wirausahawan sukses setidaknya adalah sabar, pantang menyerah, terus belajar serta melihat permasalahan secara positif.
Hal lain yang perlu dihindari adalah mempersiapkan segala sesuatunya secara berlebihan. Karena persiapan yang berlebihan justru akan memecah perhatian dan menghabiskan energi untuk hal-hal yang tidak penting. Kuncinya adalah: “Just do it”. Tentu saja dengan resiko yang telah diukur.
Sumber daya manusia merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha yang sangat penting. Merekrut pegawai yang tepat dan berpotensi sangat baik dapat menutup kelemahan manajemen, organisasi dan sistim dalam jangka pendek. Dengan SDM yang tepat maka kita sudah setengah jalan untuk menjadi sukses.
Pengetahuan dasar atas pengelolaan keuangan dan pembiayaan juga sangat penting dipersiapkan untuk mengembangkan usaha. Seringkali produksi terganggu karena pengelolaan keuangan yang tidak baik seperti kekurangan dana untuk pembelian bahan baku, alat-alat produksi dan lainnya.
Pemasaran sebagai ujung tombak keberhasilan penjualan produk atau jasa. Sebaikapapun produk atau jasa tanpa pemasaran yang baik maka akan sangat sukar untuk meningkat penjualan dan keuntungan usaha. Diantara yang harus dipikirkan adalah mempersiapkan pelayanan bagi pelanggan.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar / kritik / saran Anda di bawah ini...