Wednesday, September 23, 2009

PROFIL RESIKO INVESTASI

Seperti telah saya kemukakan pada tulisan sebelumnya (Apakah Anda Ingin Kaya? (2), investasi merupakan kendaraan yang dapat mengantar kita pada tujuan yang ingin kita capai. Dan sudah jamak bahwa ketika kita berkendara, satu yang pasti adalah bahwa kita telah tahu kemana tujuan kita. Namun demikian, layaknya mengendarai mobil, terdapat lebih dari satu rute untuk mencapai tujuan dari investasi tersebut. Ada rute pendek, sedang, dan panjang. Atau Anda mungkin memilih kendaraan yang berbeda. Anda bisa mengendarai lebih cepat bila Anda inginkan. Lebih cepat Anda mengendarai kendaraan tentu saja resikonya lebih tinggi. Begitu juga dengan investasi.
Sebagian orang agak agresif, mereka ingin mendapatkan keuntungan yang besar walaupun mungkin mengalami kerugian dalam jangka pendek. Tetapi sebagian orang agak konservatif, lebih mengutamakan keuntungan yang pasti dan aman.
Untuk menanamkan uang kita ke dalam instrumen investasi, salah satu hal penting pertama yang perlu kita pahami adalah profil resiko kita. Profil ini akan sangat menentukan pilihan keranjang investasi mana yang kita pilih, karena profil menggambarkan sejauh mana kita memiliki toleransi di dalam menghadapi resiko investasi. Jika Anda merasa tidak nyenyak tidur ketika nilai investasi Anda mengalami fluktuasi, maka Anda tidak termasuk golongan berprofil agresif dan tidak cocok berinvestasi pada instrumen saham.
Setelah mengenal profil resiko masing-masing, Anda perlu melakukan perencanaan portofolio investasi dengan melakukan alokasi.
Secara garis besar, profil resiko dibagi menjadi tiga:
  • Profil konservatif
Ini adalah profil investasi dimana Anda memilih peningkatan atau penurunan investasi yang sedikit. Investasi yang cocok untuk profil ini adalah deposito serta instrumen berpendapatan tetap seperti obligasi. Reksadana yang cocok untuk Anda : Reksadana Pasar Uang dan Reksadana Pendapatan tetap yang lebih menekankan pada pendapatan yang stabil.
  • Profil moderat
Dalam berinvestasi, Anda mempunyai kecenderungan yang lebih tinggi untuk melakukannya dalam bentuk saham dibandingkan dengan deposito dan instrumen pendapatan tetap. Anda menyadari bahwa biasanya tingkat fluktuasi yang lebih tinggi berkorelasi dengan keuntungan yang lebih tinggi dalam jangka panjang. Reksadana yang cocok untuk Anda : Reksadana Campuran yang mempunyai komposisi berimbang antara instrumen pendapatan tetap dan instumen saham.
  • Profil agresif
Anda lebih memilih investasi di saham, tetapi masih memikirkan untuk memasukkan dana secara terbatas ke dalam bentuk kas dan pendapatan tetap. Anda dapat menerima tingkat volatility atau fluktuasi yang tinggi sebagaimana Anda mencari keuntungan yang lebih tinggi pada jangka waktu yang panjang. Reksadana yang cocok untuk Anda : Reksadana Saham yang memberikan pertumbuhan yang tinggi dalam jangka panjang.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar / kritik / saran Anda di bawah ini...