Wednesday, October 28, 2009

MENJADI PENGUSAHA SUKSES

Dari pengalaman beberapa orang sukses, ada beberapa karakteristik yang menjadikan mereka berbeda dari orang kebanyakan, diantaranya:

Pertama, wirausahawan biasanya memulai usaha dari apa yang mereka sukai atau hobi mereka. Karena mereka menyukainya, maka mereka tak pernah berhitung waktu dan tenaga yang dicurahkannya. Bahkan mereka kadang-kadang tidak peduli dengan hasilnya di kemudian hari.

Kedua, wirausahawan biasanya hidup dalam suasana tahan banting (survival). Oleh karena itu wirausahawan yang suskes biasanya tak ada matinya. Meskipun mereka jatuh, tertimpa tangga, dan bahkan masuk selokan sekalipun, mereka masih saja dapat menemukan ikan di dalam selokan tersebut. Mereka adalah orang yang high achiever dan kreatif. Pengusaha sukses selalu melakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh, karena dia bertaruh resiko dan tidak ingin kehilangan modal. Itu sebabnya wirausahawan biasanya adalah orang yang berani, tangkas, lincah, cepat, dan melihat segala sesuatu dengan pandangan optimistis.

Ketiga, seorang wirausahawan tak berbicara tentang konsep yang hebat, ilmu yang tinggi atau wacana lama melainkan get things done. Mereka tidak berteori tetapi berpraktek, tidak bicara filosofi melainkan praktis. Eksekusi lebih penting daripada bicara. Kalau ada masalah, mereka tidak membuka buku terlebih dahulu, tapi langsung mencari penyelesaiannya. Bahkan seringkali mereka mencari informasi ketika orang lain masih di alam mimpi.

Keempat, wirausahawan sukses tidak pernah berhenti belajar. Mereka dapat belajar dari sumber apapun yang ada, seperti buku, orang lain, lembaga pendidikan, dan lain-lain. Yang tak kalah pentingnya, pelajaran yang paling berharga bagi mereka adalah kegagalan mereka di masa lalu. Bukankah kegagalan adalah guru terbaik? Kata putus asa dan menyerah sungguh jauh dari wirausahawan. Mereka mampu berpikir out of the box yang pada akhirnya menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif.

Kelima, wirausahawan suskes biasa berpikir besar. Berpikir besar adalah kekuatan yang telah menghasilkan semua prestasi besar dalam kehidupan modern, dari gedung pencakar langit ke penemuan menakjubkan dalam sains, teknologi, dan kesehatan hingga ke prestasi industri dan militer. Berpikir besar adalah faktor di balik semua kesuksesan dalam bisnis. Perlu juga ditambahkan bahwa waktu yang diperlukan untuk mengerjakan sesuatu yang besar dan yang kecil sama panjangnya. Kita akan mengalami stres dan rasa kesal yang sama; sakit kepala dan masalah yang ditimbulkan pada kita sama saja. Langkah penting menuju kesuksesan adalah membuat lompatan dari orang yang bukan siapa-siapa menjadi seseorang. Sebagian besar orang takut untuk berpikir besar. Mengapa? Karena mereka tidak dapat membayangkan diri mereka melakukan hal-hal besar, mereka tidak mempunyai pengetahuan, pengalaman atau rekam jejaknya. Padahal, kita tidak memerlukan hal-hal ini untuk berpikir besar. Semua pemikir besar awalnya bukan siapa-siapa. Dan yang terpenting, wujudkan pemikiran besar menjadi tindakan.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar / kritik / saran Anda di bawah ini...