Sunday, March 21, 2010

TIPS BERINVESTASI SECARA PINTAR

Investasi secara pintar (smart investing) berarti membangun strategi investasi pribadi yang terbaik. Buatlah rencana sempurna dengan melek finansial, dan pastikan untuk mendiversifikasi investasi Anda.
Masa depan finansial seorang investor bergantung pada kemampuannya berinvestasi secara cerdik. Selama bertahun-tahun, uang dapat diperoleh, hilang, atau relatif stagnan. Dengan strategi investasi pribadi yang dipahami dengan baik, yang didasarkan pada penelitian dan sedikit bantuan dari perencana keuangan, maka kemungkinan bahwa investasi dapat mendatangkan imbal hasil yang diharapkan akan meningkat. Melakukan penelitian atau belajar tentang latar belakang, berkonsultasi dengan penasehat keuangan, dan melakukan diversifikasi investasi perlu dilakukan.
Langkah pertama investasi pintar adalah mengajukan pertanyaan. Anda perlu menggambarkan harapan-harapan mendasar sebelum mengembangkan sebuah strategi investasi. Tipe investasi apa yang paling tepat bagi Anda, dan apa saja biaya dan resiko yang dihadapi dari investasi tersebut? Apakah tujuan finansial dalam lima tahun, sepuluh tahun, dan tiga puluh tahun mendatang? Seberapa pentingkah tabungan dan investasi dan berapa besar jumlah uang yang perlu disisihkan untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut?
Setelah pertanyaan-pertanyaan dibuat, maka perlu dilakukan pembelajaran investasi dan beragam pilihan yang berbeda-beda, mempelajari tipe-tipe polis asuransi jiwa, reksa dana, dan biaya-biaya yang timbul pada investasi saham dan obligasi. Mengenali kebutuhan pribadi dan kemudian meluangkan waktu untuk mencari tahu jawaban-jawaban di atas dapat mempermudah pengambilan keputusan dengan perencana keuangan. Hal ini juga membantu memprioritaskan kebutuhan dan keinginan pribadi.
Langkah berikutnya untuk investasi cerdik adalah membuat perencanaan. Anda dapat berbicara dengan profesional tentang tujuan-tujuan finansial, manajemen utang, dan investasi. Anda harus bersikap jujur dan realistis dengan toleransi resiko, prioritas investasi terhadap kebutuhan finansial, dan tujuan-tujuan pribadi.
Apa saja yang ada di dalam strategi investasi? Ini adalah peta jalan untuk investasi yang pintar seumur hidup. Strategi ini meliputi penilaian situasi keuangan sekarang, proyeksi masa depan, dan seluruh keputusan finansial diantaranya.
Tak ada strategi investasi pribadi yang sukses tanpa diversifikasi. Investasi pintar berarti memberikan kepastian bahwa resiko-resiko yang dihadapi dapat diperkecil dengan menggunakan beragam instrumen investasi. Resiko reksa dana mungkin tidak sebesar perdagangan saham, tetapi sebagai sebuah investasi tunggal reksa dana tetap saja dianggap beresiko. Bagaimana jika sebuah reksa dana menghasilkan imbal hasil yang lebih kecil setelah menghitung biaya-biayanya?
Inilah pentingnya melakukan diversifikasi investasi. Tempatkan uang Anda pada beberapa instrumen investasi seperti obligasi, reksa dana, dan kemudian pada beberapa saham. Dengan beragam investasi, dimana potensi, resiko, dan kecocokannya dengan masing-masing investor telah diuji sebelumnya, maka dapat dijamin bahwa seorang investor akan mendapatkan keuntungan. Kesimpulannya: Pelajarilah investasi, pelajarilah beragam pilihan yang ada, carilah pedoman, dan lakukan diversifikasi. Dengan mengikuti tips-tips ini maka investasi pintar dapat dilakukan oleh siapapun.

1 comment:

  1. hmmm.. siip.. tapi tentunya untuk memulai diperlukan sebuah keberanian dan rasa percaya diri smoga sukses mas... makasih

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar / kritik / saran Anda di bawah ini...